Facebook memang sebuah jejaring sosial yang sangat populer, dari facebook kita bisa berkumpul secara maya dengan teman-teman sekolah, kampus, dan lainnya. Bisa menemukan teman baru, bisnis, dan masih banyak lagi. Dan untuk seorang blogger, facebook bisa dijadikan tempat promosi yang ampuh agar artikel blognya cepat diketahui orang banyak, terutama teman-teman di facebook.
Gambar Setting Akun Untuk Cara Aman Bermain Facebook
Gambar Setting Akun Untuk Cara Aman
Bermain Facebook
Tetapi yang menjadi sebuah permasalahan adalah semakin banyaknya kasus-kasus pembobolan facebook yang terjadi. Memang banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan pembobolan facebook (facebook hacking). Kata beberapa teman-teman saya, saat sedang asik ngobrol tentang hack fb, mereka menyebutkan 3 cara yang cukup populer dalam melakukan hack facebook selama ini, yaitu:
  1. Melalui software komputer yang terinstall pada komputer yang dipakai untuk bermain facebook. Misalnya teknik keylogger. Biasanya banyak terjadi di warnet-warnet.
  2. Melalui Jaringan Hotspot Area dengan menggunakan software yang terinstall pada web browser sang hacker. Softwarenya bernama Firesheep. Silahkan Download FireShepherd jika ingin mencoba. Cara ini sangat ampuh, karena siapa saja yang sedang login akun facebook di area wifi, maka semua akan masuk ke hasil scanner dari software tersebut.
  3. Membuat halaman fake dari halaman login facebook, yang merekam username dan password yang dimasukan ke field username dan password. Nama kerennya yaitu Fake Login Facebook.
Ada yang ingin menambahkan?? Maaf kalo saya salah atau tidak benar dalam menuliskan istilah, maklum kurang mengerti masalah hacking facebook. Hehehee..
Untuk cara nomor 1 dan nomor 3 itu sebenarnya murni kelalaian si penyuka facebook. Jadi itu bisa dihindari dengan cara lebih teliti lagi dalam memilih warnet, dan mengecek terlebih dahulu apakah komputer aman untuk digunakan, bagi yang mengerti, kalau yang tidak mengerti, ya baca-baca aja ya di internet banyak kok.. Kemudian untuk yang fake login, sebaiknya pastikan terlebih dahulu alamat facebook pada address bar, apakah benar-benar facebook.com atau bukan.
Kini facebook memiliki system kemanan yang bisa selalu kita gunakan, seperti halnya Google Adsense, Paypal, dan situs-situs lain yang berhubungan dengan hak akses account atau belanja online, yaitu system akses dengan menggunakan protokol yang di enkripsi lebih sempurna agar susah di tebak serta sudah terverifikasi oleh pihak yang di tunjuk untuk melakukan verifikasi enkripsi cookies sebuah website. System tersebut ditandai dengan penambahan huruf “s” pada protokol “http“, jadi yang semula “http://www.facebook.com/“, kini anda bisa melakukan settingan menjadi “https://www.facebook.com/“. Dan mungkin cara berikut dapat lebih mengamankan akun facebook sobat dari tindakan hacking facebook untuk nomor 2. Ada juga sebuah software yang dapat mengamankan akun facebook dari tindakan “firesheep“, yaitu sebuah software yang bernama “FireShepherd“. Silahkan Download FireShepherd jika ingin mengamankan akun facebook sobat.
Baiklah, berikut cara untuk melakukan pengaturan pada akun facebook sobat agar sobat dapat mengakses facebook dengan protokol “https” :
  • Login ke akun facebook sobat. Dan pastikan benar-benar aman. terhindar dari keylogger dan fake login.
  • Kemudian menu Account > Account Settings > Account Security > Secure Browsing (https) > Beri tanda check (centang) pada “Browse Facebook on a secure connection (https) whenever possible
Gambar 2 Setting Akun Untuk Cara Aman Bermain Facebook
Gambar 2 Setting Akun Untuk Cara Aman Bermain Facebook
  • Kalu sudah, jangan lupa klik “save” yak..
Selesai sudah settingannya, sekarang coba lanjutkan bermain facebook. Semoga sobat merasa lebih tenang dengan fitur protokol “https” yang diberikan oleh facebook. Oya, jika koneksi tidak begitu kuat, maka kecepatan akses dalam berfacebookan akan menjadi terganggu alias lemot.